Kamis, 29 Oktober 2009

TENSES

TENSES
Bentuk-Bentuk Waktu

Dalam bahasa inggris ada enam belas bentuk waktu.

I. Simple Present Tense (waktu sekarang sederhana)
Rumus

Kegunaan bentuk waktu ini adalah:
a. Untuk menyatakan suatu pembuatan yang bisa di lakukan
• My father go to office every day = ayah saya pergi ke kantor setiap hari

b. Untuk menyatakan suatau kebenaran yang tak dapat di bantah
• A week has seven days = seminggu ada tujuh hari

Catatan :
Kata kerja (Verb) dalam bahasa inggris itu dapat berubah menjadi tiga bentuk, yaitu:
1. Present tense
2. Past tense
3. Past participle

Perhatikan skema di bawah ini :

Presen tanse Past tense Past participle Meaning
Go
Speak
Eat Went
Spoke
Ate
Gone
Spoken
Eaten
Pergi
Berbicara
Makan

Karena kita baru berbicara tenteng presentase tense, maka kata kerja yang kita pergunakan adalah kata kerja bentuk pertama (present tense). Apabila yang menjadi pokok kalimat itu orang ketiga tunggal, maka bentuk kata kerja pertama (infinitive) akan mengelami perubahan, seperti:





II. Present continuous tense (waktu berlangsung sekarang).
Rumus

Kegunaan bentuk waktu ini adalah :
a. Untuk menyatakan perbuatan yang sedang berlangsung seperti :
• We are studying arabic now = kami sedang mempelajari bahasa arab sekarang.
b. Untuk menyatakan perbuatan yang akan datang , seperti:
• I am going to baliu again = saya akan pergi ke bali lagi

III. Present Perfect Tense (Waktu Selesai Sekarang)
Rumus

Kegunaan bentuk ini adalah:
a. Untuk menyatakan perbuatan yang di lakukan waktu lampau dan masih berlangsung hingga sakarang, seperti:
• I have taught english since twoyears ago = saya telah mengajar bahasa inggris sejak dua tahun yang lalu.
b. Untuk menyatakan perbuatan yang telah selesai secara sempurna, seperti:
• I have eaten = saya telah makan
• He has writen = dia telah menulis
c. Untuk menerangkan suatu perbuatan ulangan pada waktu yang tidak menentu sebelum sekaran, seperti:
• I have already seen him = saya sudah menjumpainya

IV. Present Perfect continuous tense (waktu selesai dengan berlangsung sekarang)
Rumus
Bentuk ini dipergunakan untuk menyatakan perbuatan yang di mulai pada waktu lampau dan masih berlangsung hingga sekaran.
- She has been staying at my house this year = dia sudah tinggal di rumah saya tahun ini.

V. Simple past tense (waktu lampau sederhana)
Rumus
Bentuk ini dipergunakan untuk menyatakan suatau perbuatan yang telah terjadi pada waktu lampau dalam bentuk sederhana dan diketahui waktu terjadi itu. Seperti:
- I went to bali yesterday = saya pergi ke bali kemarin

VI. Past continuous tense (waktu berlangsung lampau)
Rumus
Bentuk ini di pergunakan untuk:
a. Untuk menyatakan perbuatan perbuatan yang sedang yang terjadi pada waktu lampau.
- While I was bathing in the river I heard a fearful cry = ketika aku mandi di sungai itu, aku mendengar jeritan yang menakutkan.

VII. Past perfect tense (waktu selesai lampau)
Rumus
Bentuk ini di pergunaikan untuk mnyatakan suatu perbuatan yang telah selesai sebelum suatu perbuatan lain di lakukan pada masa lampau. Seperti:
- When my father arrived, I had writen the letter = ketika ayah saya tiba, saya menulis surat itu.

VIII. Past perfect continuous tense (waktu sedang berlangsung selesai lampau)
Rumus
Bentuk ini di pergunakan untuk menyesal perbuatan yang telah di mulai dan masih berlangsung pada waktu lampau. Seperti:
- When she came to bali in 2000, I had already been living there about there years = ketika dia datang ke bali pada tahun 2000, saya telah tinggal di sana sekitar tiga tahun.

IX. Simple future tense (waktu akan datang sederhana)
Rumus
Bentuk ini dipergunakan untuk menyatakan suatu perbutan yang akan datang. Seperti:
- I will post the letter = saya akan mengeposkan surat itu

X. Future cntinous tense (waktu sedang berlangsung akan datang)
Rumus
Bentuk ini depergunakan untuk menunjukan suatau perbuatan yang akan sedang terjadi. Seperti:
- I will be writing at six o`clok tomorrow morning = saya akan menulis pada jam enam besok pagi

XI. Future perfect tense (waktu selesai akan datanag).
Rumus
Bentuk ini di pergunakan untuk menyatakan suatau perbuatan yang sudah di mulai pada waktu lampau, dan segera selesai pada waktu yang akan datang seperti:
- I will have done my work by the and of this year = saya akan selesai mangerjakan pekerjaan saya menjelang akhir tahun ini.

XII. Future perfect continuous tense (waktu sedang berlangsung selesai akan datang)
Rumus
Bentuk ini pengertianya adalah future perfect, tetapi kemungkinan masih di lanjutkan pada waktu mendatang.
- By the end of this year I will have been studying arabic for two years = menjelang akhir tahun ini saya sudah mempelajari bahasa arab selama dua tahun.




XIII. Past future tense (waktu akan datang lampau)
Rumus
Bentuk ini di pergunakan untuk menyatakan suatau perbutan yang akan datang yang di lakukan pada waktu lampau: seperti:
- I would go to jakarta the following day = saya akan pergi ke jakarta pada waktu berikutnya

XIV. Past future continuous tanse (waktu akan sedang terjadi pada waktu lampau)
Rumus
Bentuk ini di pergunakan untuk menyatakan suatau perbuatan yang akan sedang di lakukan pada waktu lampau. Seperti
- I would be taking an examination at this time the following day = saya akan sedang menempuh ujian hari berikutnya waktu ini.

XV. Past future perfect tense (waktu akan sudah selesai pada w3aktu lampau)
Rumus
Bentuk ini di pergunakan untuk menyatakan suatu pakerjaan yang tidak mungkin terjadi syaratnya tidak terpenuhi pada waktu lampau.
- I would have graduated if I had studied hard = saya akan sudah tamat sekolah seandainya tidak saya belajar giat.

XVI. Past future perfect continuous tense (waktu akan sudah sedang berlangsung pada waktu lampau)
Rumus
Bentuk ini sama halnya future perfect continuous dalam bentuk lampau. Seperti.
- By the end on this month last semester, I would have been studying english for three years = menjelang akhir bulan ini semester yang lalu, saya akan sudah belajar bahasa inggris salama tiga tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar